Selasa, 07 Februari 2017

9 Langkah Cara Merawat Lantai Kayu Parket agar Awet dan Tahan Lama

9 Langkah Cara Merawat Lantai Kayu Parket agar Awet dan Tahan Lama - Lantai kayu Parket memang membutuhkan perawatan khusus tidak seperti keramik atau marmer yang tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk lantai kayu sendiri perawatannya memang agak intensif agar tahan lama. Untuk step bisa anda lihat di bawah ini :

1. Langkah pertama untuk merawat lantai kayu adalah Biasakan menyapu lantai parket (parquet) Anda rutin setiap hari agar debu tidak bertumpuk pada permukaan parket (parquet). Pakailah sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan dan lanjutkan dengan lap kering untuk mengangkat sisa-sisa debu karena debu atau pasir yang terbawa oleh sepatu atau kaki yang ada di atas lantai kayu apabila tidak di sapu akan meninggalkan goresan - goresan pada finishing lantai kayu anda.

2. Langkah kedua untuk merawat lantai kayu adalah jangan menggunakan pel yang basah Mengingat bahan utama lantai parket terbuat dari kayu, maka musuh utamanya adalah kelembaban. Disarankan merawat lantai parket dengan penyedot debu atau sapu saja. Jangan pernah mengepel lantai parket dengan pel yang basah, karena genangan air yang ada dibawah kayu bisa membuat kayu menjadi naik karena ada tekanan dari bawah.

3. Meski banyak produk lantai parket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air, lebih baik hindari penggunaan air pada lantai parket untuk menjaga keawetannya. Jangan sampai air merembes ke dalam pori-pori parket karena akan membuatnya terkelupas.

4. Jika lantai parket Anda terkena noda makanan atau minuman, segera angkat kotorannya dengan tisu atau lap kering. Lalu gunakan cairan khusus pembersih kayu parket untuk membersihkan lapisan permukaannya.

5. Agar tidak menimbulkan goresan atau cacat pada permukaan lantai parket, Anda harus berhati-hati ketika memindahkan barang. Sebaiknya barang diangkat dan alas furnitur dilapisi karet agar tidak menimbulkan bekas goresan pada lantai dan agar finishing lebih tahan lama lepaskan alas kaki seperti sandal , sepatu yang sering digunakan di luar rumah gunakan alas kaki sandal yang khusus untuk di sekitar dalam rumah karena biasanya kalau sandal dari luar rumah akan membawa debu / pasir yang bisa membuar goresan di lantai anda.

6. Untuk lantai parket yang terbuat dari kayu solid atau kayu keras, perawatan tambahan yang dilakukan adalah proses waxing atau penyemiran ulang setiap 3 bulan atau sesuai kondisi dengan menggunakan bahan pengkilap kayu (teak oli, pledge).

7. Untuk membersihkan noda membandel sekaligus membuat lantai parket lebih berkilau, Anda bisa memanfaatkan air perasan lemon atau belimbing wuluh. Atau Anda bisa memakai white vinegar yang didiamkan selama empat menit pada noda di lantai parket, lalu Anda bersihkan dengan kain lap yang bersih.

8. Karpet dapat dijadikan alternatif untuk menutupi lantai parket, terutama pada area atau ruangan yang paling sering dilalui. Namun pilihlah karpet dengan lapisan yang tidak licin sehingga tidak mudah tergeser yang mungkin akan menyebabkan siapapun yang melaluinya tergelincir atau terpeleset.

9. Selain menjaga lantai parket dari kelembaban, sebaiknya Anda gunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap. Untuk membuat lantai parket anti rayap bisa dilakukan penyuntikan pada kepingan kayunya. Atau ketika Anda membeli material parket ini, Anda bisa memilih jenis parket yang sudah disuntik dengan cairan anti rayap.

Demikian artikel langkah cara merawat lantai kayu parket semoga artikel di atas bisa membantu anda untuk merawat lantai kayu di rumah anda.Apabila anda sedang mencari lantai kayu dan info harga lantai kayu bisa anda lihat di sini http://www.jogjakartaparket.com/2015/09/daftar-harga-lantai-kayu-jogjakarta.html

0 komentar:

Posting Komentar